C a r i
 
 
  Informasi
  Beranda
  Profil
  Struktur
  Arsip Berita
  Galeri Foto
  Galeri Video
  Agenda Kegiatan
  Kolom Karya
  Pokja I
  Pokja II
  Pokja III
  Pokja IV
  Interaktif
  Kontak Kami
  Jajak Pendapat
  Isi Buku Tamu
  Lihat Buku Tamu
 

 

  Gubernur Himbau Kembangkan Kebun Obat Keluarga
Gubernur Himbau Kembangkan Kebun Obat Keluarga
(29/03/2011)

Gubernur Awang Faroek bersama Ketua TP PKK Kaltim dan Bupati Kukar Rita Widyasari saat melakukan panen sayuran di kebun PKK Kukar
(Foto: Agri)

Kebun Obat Keluarga atau Bio Farma bisa menjadi salah satu potensi wisata di Kalimantan Timur, khususnya di Kutai Kartanegara (Kukar).


Hal tersebut disampaikan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak saat meninjau Kebun PKK yang berada di kompleks GOR Aji Imbut, Desa Perjiwa, Tenggarong Seberang, Senin (28/03) lalu.


Dikatakan Gubernur, selama ini bio farma masih terabaikan padahal banyak sekali tanaman obat yang bisa dikembangkan dan menjadi potensi wisata juga peluang usaha yang sangat menggiurkan. Untuk itu ia meminta kepada masyarakat untuk dapat mengembangkan kebun keluarga di halaman rumah.


PKK sabagai salah satu motivator untuk pengembangan kebun obat-obatan dapat dipertahankan dan dikembangkan untuk mensejahterakan masyarakat.


"Hal seperti ini dapat dipertahankan dan dicontoh untuk pelaksanaan Penas mendatang. Kebun-kebun seperti ini dapat diperlihatkan untuk lebih membudidayakan tanaman obat di sekitar pekarangan rumah, selain untuk memperindah pekarangan rumah juga memiliki manfaat lain sebagai obat keluarga," ujar Awang Faroek.


Ia juga menghimbau agar makanan-makanan tradisional dan kudapan olahan seperti olahan singkong, olahan jagung dapat hadir di acara-acara pemerintahan dan acara-acara besar. Sehingga nantinya makanan tradisional bisa menjadi makanan yang memiliki kualitas dan tak kalah dengan makanan-makanan yang ada di catering besar. Selain itu makanan-makanan ini lebih sehat dan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat.


Lahan Kebun Obat Keluarga PKK Kukar ini memiliki luas 2500 meter per segi, diisi sekitar 102 tanaman farmasi, 36 tanaman sayuran, 50 pohon tanaman unggulan dari Kabupaten/Kota se-Kaltim. Kebun ini merupakan salah satu kebun percontohan PKK untuk memperdayakan dan peningkatan kesejahteraan keluarga.


Selain melakukan peninjauan, Gubernur Awang Faroek Ishak bersama Bupati Kukar Rita widyasari, Ketua TP PKK Kaltim Hj Amelia Suharni dan Ketua TP PKK Kukar Hj Asih Qurnia berkesempatan melalukan panen perdana di kebun PKK tersebut. (win)



 
 
 
 
Arsip Berita
Rapat Konsultasi (Rakon) Tim Penggerak PKK Pusat Tahun 2019
(14/04/2019)

Tim Penggerak PKK Kalimantan Timur terima Kunjungan Kaji Tiru PAAR (Pola Asuh Anak & Remaja) Kalimantan Selatan.
(13/04/2019)

Pembinaan di Tim Penggerak PKK Kab. Paser dan Tim Penggerak PKK Penajam Paser
(13/04/2019)

TP. PKK Kaltim hadiri Rakornis Kemitraan Program KKBPK Tingkat Nasional tahun 2019
(10/03/2019)

Menghadiri Undangan Rakornis Pembangunan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortilkultura Provinsi Kalimantan Timur
(10/03/2019)

Rakornas PKK dan Pertemuan di Istana Bogor dihadiri Oleh Seluruh Ketua TP PKK se Indonesia
(10/03/2019)

Tim Penggerak PKK Kab. Kutai Timur Siap Menjadi Tuan Rumah HKG - PKK ke - 47 tingkat Prov. Kalimantan Timur tahun 2019
(09/03/2019)

   
   
Beranda | Profil | Arsip Berita | Kegiatan | Struktur | Galeri Foto | Kontak | Isi Buku Tamu | Lihat Buku Tamu
 
Copyright © 2011-2019 TP PKK Provinsi Kalimantan Timur